Home » , » Office 365 atau Office Online ? Pilihlah Sesuai Kebutuhan !

Office 365 atau Office Online ? Pilihlah Sesuai Kebutuhan !

Office 365 atau Office Online ? Pilihlah Sesuai Kebutuhan !
Dulu dibutuhkan biaya yang cukup besar untuk bisa menikmati Microsoft Office. Namun seiring dengan berjalannya waktu Microsoft semakin mempermudah pengguna dalam menikmati Microsoft Office. Misalnya saja kehadiran Office Online yang memang bisa digunakan oleh siapapun secara gratis, serta digratiskannya Microsoft Office untuk smartphone dan tablet dengan berbagai platform.

Disaat yang sama Microsoft juga tetap menghadirkan opsi berbayar dari Office gratisnya yaitu Office 365. Lalu apa perbedaannya dan mana yang sebenarnya kamu butuhkan?

Apa Saja yang Gratis?

Office Online sebenarnya sudah sangat mumpuni bagi siapapun yang membutuhkan fitur dasar Office untuk membuat dan mengedit dokumen. Kamu bisa menggunakan Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. Di dalamnya kamu bisa menikmati tools editing dasar, fitur dasar, bahkan hingga media penyimpanan sebesar 15GB.

Office 365 atau Office Online ? Pilihlah Sesuai Kebutuhan !

Belum lagi dia bisa diakses dari device apapun, kapanpun, dan dimanapun selama ada koneksi internet.

Jadi dengan kombinasi Office Online serta aplikasi Office untuk smartphone dan tablet, kamu sudah bisa melakukan berbagai aktivitas dasar untuk mengolah dokumen tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Apa Saja yang Tidak Gratis?

Jika kamu membutuhkan fitur advanced dalam mengolah dokumen, kamu tidak akan bisa menemukannya di Office Online. Lihat saja pada bagian ribbon dari Word misalnya. Di Word Online kamu hanya akan mendapati tool editing dasar seperti Bold, Italic, Cut, Copy, Paste, mengubah karakter font, dsb. Namun kamu tidak akan mendapati tool advanced seperti Format Painter, Text Effects, Typography, dsb yang ada di Office 365.

Office 365 atau Office Online ? Pilihlah Sesuai Kebutuhan !

Word Online dilengkapi dengan formatting dasar seperti bullet, numbering, list, atau align left/right/center. Namun kamu tidak akan mendapati fitur advanced seperti shading, border, ataupun multilevel list.

Lebih detail lagi, Office Online juga tidak dilengkapi dengan tab menu di ribbon seperti Mailings dan References. Mailings berisi fitur untuk mencetak label dan amplop, serta mengatur mail merge printing di dokumen word. Sedangkan References berisi fitur advanced untuk dokumen seperti Table of Contents, Citations, Bibliography, Captions, Index, dan Table of Authorities.

Di aplikasi mobile, pengguna versi gratis bisa melihat, membuat, dan mengedit dokumen Office, namun demikian hanya pengguna berbayar yang bisa menikmati fitur advanced seperti melihat change track dan melakukan accept changes.

Pengguna Office Online juga hanya bisa menggunakan Office hanya jika ada koneksi internet saja, sedangkan pengguna Office 365 bakal diberikan Office Pro 2013 yang bisa digunakan baik ketika ada internet maupun tidak.

Mana yang Sebenarnya Kamu Butuhkan?

Tentu saja hal ini tergantung dari kebutuhan masing-masing orang. Tetapi jika kamu hanya membutuhkan fitur dan tool dasar dalam membuat dan mengedit dokumen, maka menggunakan Office Online saja sudah cukup. Hal ini akan membuat kamu menghemat banyak biaya daripada harus membayar Office 365 yang fiturnya tidak kamu butuhkan. Bagi kebanyakan orang, menggunakan Office Online sudah cukup mumpuni dan merupakan pilihan yang tepat.

Office 365 atau Office Online ? Pilihlah Sesuai Kebutuhan !

Namun jika kamu adalah pekerja kantor atau orang yang membutuhkan fitur dan tool advanced dari Microsoft Office, maka tidak ada pilihan lain bagi kamu untuk berinvestasi ke Office 365. Apalagi selain bisa menikmati berbagai tool dan advanced fitur office 365, pengguna Office 365 juga secara otomatis bakal mendapatkan Office Pro 2013 dan storage OneDrive unlimited.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.