Home » , , , » 5 Unsur Visual Agar Foto Terlihat Lebih Menarik

5 Unsur Visual Agar Foto Terlihat Lebih Menarik



Ada banyak cara membuat foto terlihat menarik, karna jika foto tersebut bagus sebagian orang akan mencetak foto tersebut. sudah banyak penyedia cetak foto kanvas murah di jakarta. kembali ke topik pembicaraan, bahwa bahwa sebuah karya seni umumnya memiliki unsur-unsur visual. Seni pada foto atau bahasa kerennya “Element of Art” diperlukan dan mutlak memerlukan unsul visual, tanpa unsur visual sebuah foto hanya menghasilkan kesan yang datar. Foto yang mampu menonjolkan unsur-unsur visual membuat suatu foto terlihat menarik. Unsur-unsur visual diantaranya adalah:

1. Garis (line)
Perlu diingat konsep garis dalam fotografi berbeda dengan garis dalam gambar. Deretan tiang listrik, kerangka jembatan, pilar bangunan, pagar, anak tangga, jalan, tangan dan tubuh manusia, batas antara dua bidang, dan semua objek yang memanjang dapat dimaknai sebagai garis.

Tiap unsur visual berupa garis dari objek mempunyai citra dan karakter. kesan formal dan akan muncul pada garis lurus, citra lembut dan luwes muncul pada garis lengkung, garis zigzag kesannya keras dan dinamis, garis yang tidak beraturan mempunyai kesan kacau dan tidak formal.

Arah garis juga memiliki citra tersendiri, garis vertikal memiliki kesan stabil dan elegan, garis horizontal punya kesan tenang, statis dan damai, garis diagonal mempunyai kesan bergerak, dinamis dan menarik perhatian. dalam sebuah komposisi foto kamu tidak harus menggabungkan semua garis baik itu lurus, diagonal, zigzag, dan melengkung, cukup satu jenis saja namun dibuat sederhana.

2. Warna
Warna yang kontras dari lingkungan sekitar tentunya akan membuat foto terlihat menarik perhatian. Warna juga dapat menstimulus mood karena warna merupakan unsur visual yang paling menarik perhatian. Warna-warna panas seperti merah, orange, dan kuning dapat menciptakan kesan riang, meriah, dan agresif. Sebaliknya warna-warna dingin seperti hijau, biru, dan ungu member kesan tenang, kalem, damai, dan pasif. Warna-warna yang bermusuhan (merah><hijau, orange><biru, kuning><ungu) memberi kesan kontra dan disharmonis.


3. Bidang shape

Bentuk bidang ada yang beraturan (geometri) seperti lingkaran, segitiga, segiempat, elips, setengah lingkaran, dan ada pula yang tidak ada aturan serta bentuk-bentuk lainnya. Bidang beraturan memiliki kesan formal dan simple. Sebaliknya, bidang-bidang tidak beraturan memiliki kesan dinamis, tidak formal fleksibe, dramtis dan unexpected. Bagi sebagian yang baru belajar fotografi objek yang benda yang bidangnya tidak beraturan diangap tidak menarik, padahal itu salah besar. Unsur visual berupa bidang yang tidak beraturan ataupun yang tidak beraturan dapat menjadi foto terlihat menarik tergantung pada penempatan bidang tersebut.

4. Pola (pattern)

Pattern merupakan semacam pola atau susunan unsu-unsul visual. Pattern bisa teratur (monoton) dan tidak beraturan (dinamis). Sering meilhat foto sawah subak di bali? Tentunya foto terlihat menarik karena unsur visual pola yang teratur dan berulang di bandingkan hanya hamparan sawah biasa.

5. Tekstur
Tekstur adalah nilai halus-kasarnya permukaan benda. Dalam fotografi, tekstur tidak selalu bersifat nyata bisa saja tekstur tersebut semu. Contohnya langit yang bersih, ada kesan halus seperti kaca sedangkan hamparan rumput yang tidak terawat dapat dilihat sebagai tekstur kasar. Tentunya bila anda ingin memotret suatu objek ambil contoh landscape berupa pada rumput tentunya foto telihat menarik adalah jika padang rumput yang mulus sehingga terlihat halus teksturnya.

Demikian ulasan mengenai Unsur Visual Agar Foto Terlihat Lebih Menarik, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.