Home » » 5 Kerajinan Keren Hasil Daur Ulang Botol Plastik!!

5 Kerajinan Keren Hasil Daur Ulang Botol Plastik!!

Chrom Plastik -  Daur ulang tidak lagi menjadi sebuah alternatif penyelesaian masalah sampah, namun juga menjadi bisnis beserta usaha yang cukup menjanjikan saat ini. Karena saat ini sampah semakin menumpuk setiap harinya dan orang tidak tahu harus diapakan lagi sampah - sampah itu. Setelah berada di TPA (Tempat Pembuangan Akhir), sampah - sampah itu dibiarkan begitu saja. Namun, saat ini sampah - sampah tersebut dapat didaur ulang menjadi barang berguna yang bisa kita pakai lagi di kemudian hari. Apa kalian tahu kerajinan apa saja yang berasal dari hasil proses daur ulang sampah (sampah plastik khususnya)? Penasaran? CEKIDOT!!

1. Pot Bunga


Yang pertama dan paling utama adalah pot bunga. Kita bisa membuat pot bunga dari botol - botol bekas maupun botol - botol plastik yang sudah tidak terpakai. Caranya cukup mudah yakni hanya dengan memotong botol menjadi dua atau tiga bagian, kemudian tinggal kita lukis dan lapisi dengan cat berwarna agar terlihat menarik. Selain itu, jangan lupa untuk melubangi bagian bawah botol agar udara masuk dan membuat air jadi mengalir. 


2. Mainan Anak - Anak


Mainan anak - anak juga bisa kita buat dari botol plastik bekas. Caranya gampang - gampang susah, namun sudah banyak tutorial tentang cara membuat mainan anak - anak dari bahan  - bahan bekas termasuk botol plastik bekas. Salah satu acara yang membahas tutorial tersebut adalah handmade Global TV. Dengan mendaur ulang botol plastik bekas menjadi mainan anak - anak, kita dapat merubah sampah menjadi uang dan hiburan bagi anak -anak.


3. Tempat Pensil


Salah satu barang yang bisa kita buat dari daur ulang botol plastik bekas adalah tempat pensil. Caranya juga cukup gampang, tinggal potong botol plastik jadi dua bagian. Bagian bawah botol dijadikan wadah tempat pensil, sedangkan bagian atas dijadikan tutup tempat pensilnya. Atau satu bagian botol saja juga cukup untuk dijadikan tempat pensil. Agar terlihat menarik, hendaknya bagian botol tersebut kita warnai atau kita beri pernak - pernik seperti manik - manik, pita, diwarnai, dan lain - lain. 

4. Dompet 



Selain bisa jadi tempat pensil, botol plastik bekas juga bisa dijadikan dompet. Dompet ini memang tidak terlalu luas seperti dompet - dompet pada umumnya, namun setidaknya bisa menyimpan uang kalian jika kalian punya banyak uang recehan maupun uang lembaran. Memang bentuknya agar sempit, akan tetapi cukup praktis apabila kita kita bisa memanfaatkan ruangnya. Caranya juga cukup mudah, potong bagian bawah dua botol plastik lalu kita pasang zipper (retsleting). 

5. Rak Koran/Majalah


Botol plastik bekas juga bisa dikreasikan menjadi loker koran maupun rak majalah. Ini lebih praktis, unik, dan murah dibanding membeli sebuah rak buku. Caranya mudah sekali, kalian tinggal memanfaatkan botol plastik bekas berkapasitas 1 liter yang sudah terpotong bagian atasnya untuk dijadikan rak koran/majalah. 

Bagaimana? Keren, kan? Daripada repot - repot beli barang baru, lebih baik kita daur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat dan tidak kalah menarik dibanding barang - barang yang biasanya. Selain itu, dengan daur ulang kita tidak hanya dapat untung, namun juga mengurangi dampak pencemaran lingkungan khususnya pencemaran udara. Karena masih banyak orang yang suka bakar sampah plastik, padahal asap dari hasil pembakaran sampah plastik sangat berbahaya. Oleh karena itu, janganlah memandang remeh sampah. Ingat kata pepatah, " tiada rotan akarpun jadi ". 

Demikian, semoga bermanfaat. 

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.