Home » » Kerusakan TV. Plasma Samsung

Kerusakan TV. Plasma Samsung

Plasma Indikator - Guys ini dia koleksi kerusakan Tv Plasma Samsung

1. Tv Plasma Samsung
eperti plasma TV merk Samsung 42 inch kerusakan tidak ada gambar ternyata hanya dioda 12 volt-nya yang mati. Ganti dioda langsung jreng.. nyala. Pada TV-TV yang lain kebanyakan juga begitu, tidak jauh dari power dan converter.


Tapi ada salah satu plasma TV yang kerusakannya mulai bikin runyam, TV Samsung 42 inch dengan kerusakan gambar melompat-lompat (gambar melompat-lompat kayak apa ya? :D), pokoknya gambar cuma ada garis-garis dari atas kebawah, ditambah tidak ada warna (hitam putih). Wah mulai bikin pusing kepala nih, pertama penyelidikan langsung mengarah kebagian osilator, setelah semua diteliti ternyata osilator tidak bermasalah Hmm.. berpikir lagi, setelah dianalisa bagian selanjutnya yang dicurigai adalah blok tuner, kenapa demikian? karena selain gambar tidak stabil ditambah warna juga masih hitam-putih, jadi kemungkinan penangkapan frekuensi masih belum sempurna. 


Setelah bagian tuner dibuka, ternyata tiung.. tiung.. dies, ketemu deh, banyak open solder disana-sini, langsung saja solder bergerilya menghajar bagian-bagian yang sudah pada retak. Penyolderan selesai, dicoba TV dinyalakan, jreng.. waduh .., gambar sih normal, tidak ada lompat-lompat lagi, tapi masih hitam-putih. Hmm.. apanya lagi nih, langsung saja mengeluarkan jurus pamungkas 'Segoro Geni' dies-dies semua bagian tuner dihajar habis, sampai kesoket-soket dan kabelnya disisir rata, eh masih tidak ok juga.

2. Penyakit turunan Samsung plasma display PS-42D4S

Kerusakan:
Penyakit turunan plasma samsung tipe PS-42D4S,tv hidup,display blue back normal,kerusakan dari mainboard.


ini adalah gambar mainboard PS-42D4S sebelum di perbaiki.kerusakan turunannya ialah untuk tv ada bintik tapi no chanel,di auto atau di manual search gak mau nangkep chanel siaran, untuk av juga no signal,apanya ayo???????,,,,,klo menurut praktek yg sudah2 pernah ganti ic swit video tapi sama saja,....



Perbaikan:

ini adalah gambar mainboard setelah normal,,, apa ya perbedaannya dgn mainboard saat masih rusak,,, coba amati lebih teliti,, khususnya bagian input video di samping tuner,,, penyakit mainboard samsung PS-42D4S ternyata adalah elco nya banyak yg rusak, sebelumnya saya cek dgn mnggunakan alat ESR, terlihat dgn jelas bnyak elco yg rusak,, setelah saya babat kira2 kurang lebih 30 elco dgn ukuran 4,7 & 10 micro saya ganti, alhasil alhamdulilah tuner tv kembali bekerja,,di auto search langsung OK,,lalu saya coba input AV, RGB juga normal, tapi sayang permasalahan blm selesai, saat saya pasang jek speker & volume saya gedein,,eh eehh ga ada suara,cek speker ga masalah.

3. Samsung plasma display PS-42P4H1 elco/capasitor lemah


Hasil gambar untuk Samsung plasma display PS-42P4H1 elco/capasitor lemah
Spesifikasi:
plasma samsung dengan modul name PS-42P4H1 dengan tipe; NP42P4 ,PDP modul; S42AX-XD02 ,panel ;S42AX-XB01 , dengan tegangan : VS: 170 volt ,VA: 70 volt ,VSCAN: -55 volt ,VE: 155 volt ,VSET: 157 volt ,VG: 14 volt ,& VM: 5 volt.

Semoga bermanfaat :)


1 komentar:

  1. Tv samsung plasma aku cuman warnanya hitam putih..lain semua ok
    Kira kira apa poblemnya ne..tolong penjelasan bodku

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.