Apa
itu keyword?
Keyword merupakan kata kunci yang berupa kata atau
kalimat yang digunakan pengguna internet untuk mencari referensi mengenai suatu
hal melalui Search Engine.
Ada
berapa kategori keyword?
Short
Tail Keyword
Yaitu kata kunci (keyword) yang hanya terdiri dari satu suku
kata saja. Contoh kata kunci popular untuk short tail keyword adalah digitalsquad,facebook, google, amazon, Wikipedia. Short
tail keyword umumnya identik dengan judul atau brand atau produk tertentu yang
berfungsi sebagai sarana perkenalan weblog/website.
Long
Tail Keyword
Adalah keyword yang terdiri lebih dari
dua suku kata bahkan bisa juga menjadi sebuah kalimat. Secara structural long
tail keyword ini mendekati kepada suatu kalimat. Contoh “digital agency di jakarta” atau bisa
juga terdiri dari dua suku kata dengan maksud bertanya contoh “cara sukses”.
Dalam sebuah weblog/website long tail keyword biasanya terdapat pada deskripsi
blog.
High Competition
Adalah keyword yang memiliki jumlah persaingan yang tinggi.
Tinggi tingkat persaingan ini didasarkan jumlah pemasangan iklan di Google,
jumlah estimasi pencarian yang ada di search engine result page dan tingkat
kemahiran mengelola dan mengoptimasikan website competitor Anda.
Medium dan Low Competition
Memiliki
definisi yang sama dengan high competiton tapi berbeda di dalam jumlah pemasang
dan estimasi hasil pencarian dan tingkatan kemahiran mengelola website.
Keyword Abadi
Adalah
sebuah keyword yang selalu digunakan untuk mencari informasi pada mesin
pencaharian dan tidak akan basi ditelan zaman. Contoh : “cara menyembuhkan sakit kepala”. Berikut
merupakan keyword abadi karena semua irang pasti mengalami sakit kepala.
Keyword Musiman
Adalah kebalikan dari keyword abadi, yiatu keyword
yang bersifat musiman atau popular tapi hanya sesaat. Contoh : “hasil
pertandingan bola liga eropa”. Berikut merupakan keyword musiman, karena tidak
semua orang yang tahu tentang pertandingan tersebut.
Lalu bagaimana
cara memilih keyword yang tepat untuk pemasaran?
Gunakan Keyword Dengan Persaingan Rendah
dan Volume Pencarian Yang Tinggi
Keyword
yang akan digunakan pada halaman posting anda harus memiliki persaingan yang
rendah dan memiliki volume pencarian yang tinggi. Tentu untuk memperoleh ini
sangat susah, karena semua blogger pasti ingin mengoptimasi dan menggunakan
keyword yang optimal pada setiap postingannya. Hal itu sangat wajar, karena
mereka bertujuan untuk memperoleh peringkat yang tinggi di SERP.
Wajib Tau Tentang Riset Kata
Kunci
Mengapa? karena riset kata kunci
menyeluruh akan membantu Anda memahami frase dan kata-kata mana yang akan dapat
mengalirkan lalu lintas dari situs web. Pertama, Anda perlu membangun daftar
semua kata kunci yang dapat digunakan untuk website Anda. Anda bisa mulai
dengan mencatat kata-kata dan frase yang Anda rasa akan digunakan oleh
orang-orang untuk mencari bisnis, produk atau jasa Anda. Namun,tidak sampai disitu saja.
Untuk mendapatkan kata kunci yang terbaik, Anda perlu penelitian menyeluruh.
Kata-kata yang Anda rasa bisa digunakan mungkin tidak semuanya efektif dalam
jangka panjang. Kata-kata yang telah Anda tuliskan dapat digunakan untuk
memahami bagaimana untuk memulai penelitian kata kunci.
Jadikan Kampanye PPC Sebagai
Pemandu Anda
Kampanye pemasaran Internet dapat
dilakukan melalui PPC atau SEO. Jika Anda telah menginvestasikan uang untuk
kampanye PPC, akan lebih mudah untuk mencari kata kunci yang bisa digunakan
dalam kampanye SEO Anda. Kampanye PPC memang membutuhkan kata kunci, sama
seperti digital agency di jakarta.
Anda dapat menentukan kata kunci yang terbaik untuk kampanye PPC Anda dan
menggunakannya dengan mudah dalam kegiatan SEO Anda.
Melalui Google AdWords
Google AdWords adalah sebuah platform
iklan yang membantu Anda memasarkan produk Anda di Google. Tidak perlu membayar
untuk menggunakannya. Bahkan jika Anda tidak berencana untuk menjalankan
kampanye iklan, Google AdWords dapat digunakan untuk SEO secara efektif berkat
Google Keyword Planner. Alat ini dapat digunakan untuk mendapatkan data tentang
keyword dan frase kunci yang digunakan oleh orang-orang pada mesin pencarian
untuk menemukan produk yang Anda jual. Ini dapat membantu meriset keyword
karena Anda akan dapat memahami kata kunci yang benar-benar relevan dengan
website atau produk Anda.
Gunakan Google Analytics
Google Analytics dapat menjadi alat
penting ketika Anda sedang melakukan penelitian kata kunci. Untuk itu,
perangkat lunak dan alat-alat bantu yang lain untuk analisis dapat digunakan
untuk tujuan ini. Perangkat lunak analitik dapat digunakan untuk melacak
berbagai jenis lalu lintas yang berasal dari hasil pencarian. Ini termasuk
jenis lalu lintas rujukan, berbayar, organik dan sosial. Anda perlu
memperhatikan terutama jenis lalu lintas organik. Dengan melacak lalu lintas
ini, Anda dapat memahami kata kunci yang digunakan oleh pengunjung untuk meningkatkani
website Anda. Kata kunci ini kemudian dapat diimplementasikan dalam kampanye
SEO Anda.
Melakukan Analisis Tren
Pencarian
Salah satu variabel yang harus diingat
ketika Anda melakukan penelitian kata kunci adalah tren pencarian. Tren
pencarian dapat digunakan untuk menentukan kata kunci yang dapat menarik lalu
lintas dari permintaan pencarian global atau lokal. Tentu saja, Anda perlu
menganalisis tren pencarian yang berhubungan dengan bisnis Anda.
Melakukan
Analisis Persaingan
Dengan menganalisis persaingan keyword, Anda akan dapat memahami mana yang akan lebih mengunutngkan bagi bisnis Anda.
Analisis ini cukup mudah dilakukan, yaitu dengan melakukan pencarian
menggunakan setiap kata kunci. Jika hasil pencarian menunjukkan situs-situs
bisnis saingan Anda atau link bersponsor mereka, maka kata kunci itu adalah
salah satu yang kompetitif. Kata kunci yang lebih kompetitif akan bernilai
lebih bagi bisnis Anda. Anda harus memastikan bahwa kata kunci tersebut
digunakan dalam situs web Anda. Namun, Anda harus ingat bahwa bisa sangat sulit
untuk membuat website Anda mendapatkan peringkat yang baik berdasarkan kata
kunci ini saja. Dengan melakukan penelitian kata kunci yang baik, Anda akan
meningkatkan peluang keberhasilan untuk kampanye SEO Anda.
0 komentar:
Posting Komentar