Home » , , » Tips Jitu Memilih Keyword Agar Tingkat Websitemu Melesat

Tips Jitu Memilih Keyword Agar Tingkat Websitemu Melesat

Tips Jitu Memilih Keyword Agar Tingkat Websitemu Melesat

Apa itu keyword?
Keyword merupakan kata kunci yang berupa kata atau kalimat yang digunakan pengguna internet untuk mencari referensi mengenai suatu hal melalui Search Engine.

Ada berapa kategori keyword?
Short Tail Keyword
Yaitu kata kunci (keyword) yang hanya terdiri dari satu suku kata saja. Contoh kata kunci popular untuk short tail keyword adalah digitalsquad,facebook, google, amazon, Wikipedia. Short tail keyword umumnya identik dengan judul atau brand atau produk tertentu yang berfungsi sebagai sarana perkenalan weblog/website.

Long Tail Keyword
Adalah keyword yang terdiri lebih dari dua suku kata bahkan bisa juga menjadi sebuah kalimat. Secara structural long tail keyword ini mendekati kepada suatu kalimat. Contoh “digital agency di jakarta” atau bisa juga terdiri dari dua suku kata dengan maksud bertanya contoh “cara sukses”. Dalam sebuah weblog/website long tail keyword biasanya terdapat pada deskripsi blog.
High Competition
Adalah keyword yang memiliki jumlah persaingan yang tinggi. Tinggi tingkat persaingan ini didasarkan jumlah pemasangan iklan di Google, jumlah estimasi pencarian yang ada di search engine result page dan tingkat kemahiran mengelola dan mengoptimasikan website competitor Anda.

Medium dan Low Competition
Memiliki definisi yang sama dengan high competiton tapi berbeda di dalam jumlah pemasang dan estimasi hasil pencarian dan tingkatan kemahiran mengelola website.

Keyword Abadi
Adalah sebuah keyword yang selalu digunakan untuk mencari informasi pada mesin pencaharian dan tidak akan basi ditelan zaman. Contoh : “cara menyembuhkan sakit kepala”. Berikut merupakan keyword abadi karena semua irang pasti mengalami sakit kepala.

Keyword Musiman

Adalah kebalikan dari keyword abadi, yiatu keyword yang bersifat musiman atau popular tapi hanya sesaat. Contoh : “hasil pertandingan bola liga eropa”. Berikut merupakan keyword musiman, karena tidak semua orang yang tahu tentang pertandingan tersebut.

Lalu bagaimana cara memilih keyword yang tepat untuk pemasaran? 
Gunakan Keyword Dengan Persaingan Rendah dan Volume Pencarian Yang Tinggi

Keyword yang akan digunakan pada halaman posting anda harus memiliki persaingan yang rendah dan memiliki volume pencarian yang tinggi. Tentu untuk memperoleh ini sangat susah, karena semua blogger pasti ingin mengoptimasi dan menggunakan keyword yang optimal pada setiap postingannya. Hal itu sangat wajar, karena mereka bertujuan untuk memperoleh peringkat yang tinggi di SERP.

Wajib Tau Tentang Riset Kata Kunci
Mengapa? karena riset kata kunci menyeluruh akan membantu Anda memahami frase dan kata-kata mana yang akan dapat mengalirkan lalu lintas dari situs web. Pertama, Anda perlu membangun daftar semua kata kunci yang dapat digunakan untuk website Anda. Anda bisa mulai dengan mencatat kata-kata dan frase yang Anda rasa akan digunakan oleh orang-orang untuk mencari bisnis, produk atau jasa Anda. Namun,tidak sampai disitu saja. Untuk mendapatkan kata kunci yang terbaik, Anda perlu penelitian menyeluruh. Kata-kata yang Anda rasa bisa digunakan mungkin tidak semuanya efektif dalam jangka panjang. Kata-kata yang telah Anda tuliskan dapat digunakan untuk memahami bagaimana untuk memulai penelitian kata kunci.
Jadikan Kampanye PPC Sebagai Pemandu Anda
Kampanye pemasaran Internet dapat dilakukan melalui PPC atau SEO. Jika Anda telah menginvestasikan uang untuk kampanye PPC, akan lebih mudah untuk mencari kata kunci yang bisa digunakan dalam kampanye SEO Anda. Kampanye PPC memang membutuhkan kata kunci, sama seperti digital agency di jakarta. Anda dapat menentukan kata kunci yang terbaik untuk kampanye PPC Anda dan menggunakannya dengan mudah dalam kegiatan SEO Anda.
Melalui Google AdWords
Google AdWords adalah sebuah platform iklan yang membantu Anda memasarkan produk Anda di Google. Tidak perlu membayar untuk menggunakannya. Bahkan jika Anda tidak berencana untuk menjalankan kampanye iklan, Google AdWords dapat digunakan untuk SEO secara efektif berkat Google Keyword Planner. Alat ini dapat digunakan untuk mendapatkan data tentang keyword dan frase kunci yang digunakan oleh orang-orang pada mesin pencarian untuk menemukan produk yang Anda jual. Ini dapat membantu meriset keyword karena Anda akan dapat memahami kata kunci yang benar-benar relevan dengan website atau produk Anda.
Gunakan Google Analytics
Google Analytics dapat menjadi alat penting ketika Anda sedang melakukan penelitian kata kunci. Untuk itu, perangkat lunak dan alat-alat bantu yang lain untuk analisis dapat digunakan untuk tujuan ini. Perangkat lunak analitik dapat digunakan untuk melacak berbagai jenis lalu lintas yang berasal dari hasil pencarian. Ini termasuk jenis lalu lintas rujukan, berbayar, organik dan sosial. Anda perlu memperhatikan terutama jenis lalu lintas organik. Dengan melacak lalu lintas ini, Anda dapat memahami kata kunci yang digunakan oleh pengunjung untuk meningkatkani website Anda. Kata kunci ini kemudian dapat diimplementasikan dalam kampanye SEO Anda.
Melakukan Analisis Tren Pencarian
Salah satu variabel yang harus diingat ketika Anda melakukan penelitian kata kunci adalah tren pencarian. Tren pencarian dapat digunakan untuk menentukan kata kunci yang dapat menarik lalu lintas dari permintaan pencarian global atau lokal. Tentu saja, Anda perlu menganalisis tren pencarian yang berhubungan dengan bisnis Anda.
Melakukan Analisis Persaingan
Dengan menganalisis persaingan keyword, Anda akan dapat memahami mana yang akan lebih mengunutngkan bagi bisnis Anda. Analisis ini cukup mudah dilakukan, yaitu dengan melakukan pencarian menggunakan setiap kata kunci. Jika hasil pencarian menunjukkan situs-situs bisnis saingan Anda atau link bersponsor mereka, maka kata kunci itu adalah salah satu yang kompetitif. Kata kunci yang lebih kompetitif akan bernilai lebih bagi bisnis Anda. Anda harus memastikan bahwa kata kunci tersebut digunakan dalam situs web Anda. Namun, Anda harus ingat bahwa bisa sangat sulit untuk membuat website Anda mendapatkan peringkat yang baik berdasarkan kata kunci ini saja. Dengan melakukan penelitian kata kunci yang baik, Anda akan meningkatkan peluang keberhasilan untuk kampanye SEO Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.