Home » , » Tips Tepat Memilih Hosting Handal Berkualitas

Tips Tepat Memilih Hosting Handal Berkualitas


Dalam pembuatan sebuah website, pemilihan hosting yang tepat merupakan hal yang berpengaruh terhadap kesuksesan website. Namun, dari sekian banyak penyedia layanan cloud hosting di Tanah Air, banyak juga diantaranya yang kinerjanya kurang memuaskan, guys! Akibatnya, banyak server yang down dan gak bisa diakses. Lebih buruknya lagi, website akan kehilangan pengunjung! Wah, tentunya kita akan merugi, guys.. Nah, karena itu kita harus berhati-hati, teliti dan selektif lagi ya! Tenang, disini ada beberapa tips memilih hosting yang handal dan berkulitas. So, let’s check it out!

  • Penyedia Hosting
Pikirkan dengan baik dimana anda akan membeli hosting,apakah pada penyedia lokal atau luar negeri, karena nantinya akan berpengaruh pada pengelolaan hosting. 
  • Tujuan Pembuatan Situs dan Jenisnya
Menentukan tujuan itu seperti memiliki niat, guys! Jadi sesuaikan hosting dengan tujuan dan jenis situs anda. Berikut ini ada beberapa referensi untuk anda..
-    Jika hanya untuk membuat blog pribadi maka dengan spesifikasi yang rendah saja, karena tujuannya hanya untuk blog pribadi yang memiliki trafik rendah juga.
-    Website instansi atau organisasi memerlukan spesifikasi hosting yang lebih tinggi, sebab pada website organisasi/instansi memiliki trafik yang lebih padat dari blog pribadi.
-    Spesifikasi hosting standar untuk sebuah situs organisasi/instansi adalah menggunakan Virtual Private Server/VPS
-    Website kelas bisnis/komersial (contohnya seperti toko online atau forum) spesifikasi hosting yang digunakan pasti sangat tinggi karena menangai trafik yang sangat padat, dapat menggunakan Dedicated Server sebagai hostingnya.
  • Kebutuhan
Rencanakan dengan baik dan matang agar situs yang dibuat dapat sesuai dengan kebutuhan anda. Sehingga tidak ada kata penyesalan di belakang, guys!
  • Spesifikasi Server
Spesifikasi server hosting juga ikut menentukan kualitas website kedepannya. Semakin tinggi spesifikasi server hosting maka semakin kuat menangani trafik yang sangat besar sehingga kemungkinan server down akan lebih rendah.
Adapun jenis server/hosting yaitu :
1.    Cloud Server -> Beberapa server yang terpisah yang dapat saling memback-up
2.    Tradisional server -> Server hosting biasa yang hanya menggunakan satu server saja.
Lokasi Server, juga perlu dipertimbangkan guys!
Sebelum menentukan hosting tentukan dulu target audiencenya. Bisa local maupun luar negeri.
  • CMS yang Digunakan
CMS-CMS tersebut memiliki kebutuhan sistem yang berbeda-beda sehingga kita harus menentukan CMS mana yang akan kita gunakan baru kemudian memilih hostingnya
  • Spesifikasi Hosting
Spesifikasi yang akan didapatkan dari sebuah hosting yang kita sewa. (RAM/Lokasi CPU, Kapasitas penyimpanan, Bandwith, Jumlah domain/ subdomain, jumlah database, fasilitas back-up dll. )
  • Review
Nah yang satu ini juga cukup penting, guys! Anda harus pandai-pandai memilih rekomendasi dari teman ataupun pada blog-blog terkait oenyedia layanan yang mereka rekomendaasikan.
  • Jumlah Pelanggan
Penyedia hosting yang cukup berumur, dengan pelanggan yang banyak juga bisa anda jadikan referensi menentukan pilihan.
  • Harga
Sesuaikan anggaran dan kebutuhan anda dan coba bandingkan aja antara penyedia hosting yang satu dengan yang lainnya untuk menemukan yang paling sesuai menurut anda.


Setelah kamu mengetahui Tips Tepat Memilih Hosting yang Handal Berkualitas, maka anda akan lebih mudah dalam memilih hosting bukan?! :)

Nah, kalau anda sedang mencari layanan cloud hosting terbaik, silahkan coba cloud hosting Indonesia yang recommended sekali untuk anda! ^_^
Semoga bermanfaat ya guys!


-rn-

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.