Home » , , » Mau Simpan Data di Cloud? Simak Tips ini Biar Lebih Aman

Mau Simpan Data di Cloud? Simak Tips ini Biar Lebih Aman

Kebutuhan teknologi Cloud dari tahun ke tahun semakin meningkat. Lihat saja semakin banyak perusahaan yang menggunakannya, salah satu yang terbaru adalah Indosat dengan aplikasi Incloud untuk pengguna Android.

Teknologi Cloud ini membuat data penggunanya lebih aman, dan tidak memerlukan alat lain seperti memory card, flash disk atau hard disk.

Pengguna cukup menyimpannya di beberapa layanan cloud server Indonesia, seperti Dropbox, Google Drive dan masih banyak aplikasi lainnya.

Mau Simpan Data di Cloud  Simak Tips ini Biar Lebih Aman
Namun yang terpenting adalah menjaga keamanan data yang akan kamu simpan di dalamnya. Meskipun sudah aman, namun ada beberapa hal penting agar data lebih aman lagi. Nah, di bawah ini tips dan trik menjaga keamanan data di cloud storage:

- Biasakan selalu membackup data di Cloud secara rutin, bisa dilakukan tiap minggu atau tiap bulan. Sehingga jika data hilang, atau rusak, masih ada backup-annya.

 - Hindari menyimpan data pribadi seperti No. card credit, nomer card identitas, alamat rumah dan sebagainya. Karena jika data bocor, akan dimanfaatkan oleh orang lain. Namun jika ingin menaruh data pribadi, sebaiknya data dienkripsi dulu sebelum diupload agar lebih aman.

- Pakailah kata sandi atau password yang kuat agar tidak mudah ditembus oleh hacker atau orang yang tidak bertanggung jawab. Pakilah password dengan kombinasi unik dan mudah kamu hafalkan serta ubahlah kata sandi secara rutin agar makin aman.

- Pakai metode two-step verification untuk membuka data di cloud server storage. Sehingga tingkat keamanan makin bagus dan hanya kamu yang mengetahuinya.

- Saat menggunakan koneksi umum, laptop, atau pc publik, pastikan log out dan tidak menyimpan password saat selesai menggunakannya.

 - Jangan lupa untuk meng-install anti virus dan anti spy yang bagus pada laptop atau smartphone anda sehingga tingkat keamanannya makin Ok.

Mudah-mudahan panduan singkat ini berguna bagi kamu yang biasa memakai cloud storage untuk android, notebook, & keperluan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.