Home » , , , , » Yuk kenalan dengan Cloud Computing …

Yuk kenalan dengan Cloud Computing …

Ide yang mengawali terciptanya cloud computing berasal dari seorang pakar Komputasi dan Intelegensi Buatan dari MIT, John McCarthy. Pada tahun 1960, McCharty menyatakan bahwa suatu hari nanti komputasi akan menjadi infrastruktur public seperti halnya listrik dan telepon. Kemudian pada tahun 1995 Larry Ellison pendiri perusahaan Oracle menelurkan ide mengenai Network Computing yang artinya kita harus menanam berbagai perangkat lunak kedalam PC pengguna, mulai dari sistem operasi hingga perangkat lunak lainnya. Yang dibutuhkan hanya koneksi dengan server dan server akan menyediakan berbagai kebutuhan PC pengguna. Pada atahun akhir era-90 lahir konsep ASP (Application Service Provider) yang ditandai dengan kemunculan perusahaan pusat pengolahan data. Perkembangan Cloud Computing semakin meningkat popularitasnya di tahun 2005 sampai sekarang ditandai dengan adanya penerapan system dan penggunaan nama cloud computing. 

Cloud computing biasa disebut juga sebagai komputasi awan yang memiliki pengertian yaitu gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet. Suatu cara atau metode untuk memudahkan pengguna dalam mengakses informasi tanpa mengetahui apa yang ada di dalamanya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya. Saat ini ada beberapa perusahaan yang menyediakan jasa Cloud computing Indonesia


Contohnya adalah Google yang menyediakan layanan Google Drive untuk membantu penggunanya menyimpan data file. Google Drive diluncurkan pada April 2012 yang merupakan pengembangan dari Google Docs. Tanpa menyimpan file ditempat yang dapat digenggam misalnya flashdisk, pengguna tetap dapat mengakses file yang telah disimpan dimanapun dan kapanpun melalui PC maupun gadget, pengguna hanya harus memiliki account gmail dan tersambung dalam internet. File tersebut juga dapat dengan mudah dibagikan dengan orang lain untuk berbagai pakai ataupun melakukan pengeditan. 

Apakah kalian sebenernya sudah menggunakan fasilitas cloud computing namun belum akrab dengan sebutan namanya? Selain Google Drive, ada beberapa contoh pengaplikasian komputasi awan seperti Drop Box, Youtube dan lain-lain. Penggunaan metode ini sangat membantu membentuk system yang lebih praktis, mudah dan murah. Selain itu, data-data yang masuk ke server semua disimpan oleh penyedia jasa layanan cloud computing. Dalam perkembangannya, komputasi awan ini member kemudahan dalam menyimpan dan mengakses data dimanapun dan kapanpun. Dengan metode cloud computing ini kalian tidak perlu takut khawatir dengan keadaan hardisk maupun laptop. Tanpa hardisk kalian akan tetap dapat menyimpan data dengan aman.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.