Home » , , » Tips Mencari Lowongan Kerja Secara Online

Tips Mencari Lowongan Kerja Secara Online

lowongan kerja

Kita mau share kepada kalian tentang beberapa info dan tips mencari lowongan kerja secara online dengan aman.

Waspada kepada setiap iklan lowongan kerja yang menipu. Bagaimana mengetahuinya? Iklan seperti itu seringkali muncul di website yang membahas tentang pekerjaan. Dimasukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang bertujuan untuk menipu orang lain dengan mendapatkan uang dari orang yang ditipunya. Meskipun banyak website lowongan kerja yang sering mencoba untuk memastikan jika iklan lowongan kerja di situs tersebut benar dan tidak menipu. Iklan penipuan seperti demikian seringkali bisa tetap muncul. Ketika kita melihat iklan penipuan yang mencoloh, hendaknya kita laporkan pada admin website tersebut.

Kita Harus Waspada Terhadap Iklan Lowongan Kerja Yang

1. Meminta kita untuk melakukan pembayaran sebesar yang ditentukan agar aplikasi kita dapat diproses atau dengan iming-iming pelatihan dan semacamnya

2. Mengundang kita interview kemudian berubah menjadi prospek MLM atau skema penjualan lainnya

3. Menyalahgunakan resume kita untuk menjual suatu produk (seperti penawaran kartu kredit, asuransi dll) atau bahkan membuat penawaran yang tidak ada hubngannya sama sekali dengan lowongan kerja yang kita pilih

4. Biasanya isi iklan  tidak benar, tidak meyakinkan dan menyesatkan

5. Menggunakan alamat email “gratisan” yang tidak ada akhiran nama perusahaannya (misal dari yahoo/gmail)

Sebagai tambahan kita informasikan bahwa web portal lowongan kerja yang baik tidak akan mengirimkan kita pesan dan meminta kita untuk melakukan pemasangan aplikasi atau alat apapun. Yang mungkin bisa terindikasi sebagai malware. Dan yang terakhir, jangan pernah memberitahukan username dan password kita kepada siapapun, bahkan kalau permintaan tersebut datangnya dari pihak web portal tersebut. Karena sangat aneh jika web portal tersebut meminta username dan password penggunanya jika ditelaah mereka pasti sudah mempunyai data tentang kita.



Jika kita melihat iklan serupa di web portal manapun yang mengiklankan lowongan kerja, ada baiknya jika kita segera melaporkan iklan tersebut kepada pihak admin web tersebut. Walaupun dari web portal tersebut sudah melakukan tugasnya dalam mencegah iklan penipuan lowongan kerja, namun ada baiknya jika kita ikut berperan serta dalam proses pencegahannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.